Post Page Advertisement [Top]

artikelwansori

GELIAT RESTAURANT CHAIN

Ray kroc pencetus kelahiran Mc Donald diikuti berbagai  restaurant chain, yakni KFC, Subway, pizza hut, burger King, carl Jr, Wendy’s, A&W Root Beer, Texas fried chicken. Dikenal sebagai fast food, kadang dianggap makanan junk foodMcDonaldlisasi, cola colonization, californiazation dikenal semua orang dengan cita rasa dan ciri sama. Memberi standarisasi dan homogenisasi, meskipun menu franchise ini memberi kebebasan berinovasi sesuai dengan negaranya. Proses homogenisasi, membentuk pola serupa dalam masyarakat sehingga memiliki kesamaan diseluruh wilayah. Semua orang dapat menikmati makanan yang sama. Ukuran daging, roti burger harus sama. Ukuran, ketepatan, kecepatan, masih fresh dalam sajian panas. Memilik standarisasi artinya homogen. Kalkulasi  waktu masakan dalam hitungan yang telah ditentukan. Quality, service & Clean. Efisiensi & daya hitung. Masyarakat rasional menginginkan setiap apa yang akan dimakan sama saat sekarang, sebelumnya, maupun besoknya. Hampir semua sama dalam setiap kesempatan dan situasi. Masyarakat rasional, disiplin, ketertiban, formalisasi, sistematisasi.
Restaurant chain melakukan efisiensi, penghematan waktu biaya dalam proses pembuatan dan penyajian, daya prediksi dan control. Kinerja karyawan dinilai dengan kuantitas, jumlah yang terjual. Kerja mereka dihitung sebagai produktifitas. Tidak perlu seorang koki yang hebat, cukup pekerja yang tepat dalam hal menghitung waktu, dan ini bisa dilakukan oleh koki yang tidak berpengalaman karena sudah diformat sedemikian rupa termasuk dalam hal pemanasan maupun penggorengan. Dalam proses produksi ada yang buka 24 jam dalam seminggu. Pusat perbelanjaan pun selalu memberi ruang pada restoran fast food dan diberi tempat strategis supaya mudah ditemukan oleh konsumen.
Fenomena globalisasi fast food (makanan cepat saji) merambah ke seluruh dunia, membentuk kesamaan selera. Daerah yang tidak pernah tersentuh jenis makanan roti akhirnya mengalaminya. Sekarang Mc Donald hadir di 118 negara. Expansi ini terus berlanjut. Invasi bentuk restaurant ke China dan Rusia. China sendiri menerima kehadiran Mc. Donald. Dijadikan model franchise (waralaba) di dunia. Konsep ini jadi Simbolisasi Amerika dan McDonald.
Sejarah makanan cepat saji, awal mula makanan cepat saji tersebut teryata bukan bermula dari restoran burger gaya Amerika yang ada sekarang. Sejarah mencatat bahwa makanan cepat saji berawal dari zaman Romawi Kuno. Kehidupan kaum urban di zaman tersebut telah membuat munculnya banyak apartemen bertingkat. Yang hanya memiliki area dapur yang sempit atau tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, banyak bermunculan pedagang kaki lima dan restoran yang menjual makanan. Lalu pada abad pertengahan, makanan cepat dan murah banyak tersedia di kota-kota besar di Eropa, termasuk London dan Paris. Mereka menjual makanan cepat saji untuk penduduk lokal dan turis hingga saat ini. Makanan cepat saji yang murah inilah yang kemudian menjadi favorit dan populer di kalangan wisatawan. 
Abad ke 20 menjadi awal mula munculnya restoran cepat saji. Restoran cepat saji ini pertama kali berdiri di Amerika pada tahun 1912 dan merupakan jenis automat atau restoran yang menggunakan mesin penjual untuk melayani pelanggannya dan dioperasikan dengan koin. Inilah yang kemudian membuat automat muncul di seluruh dunia.
McDonald's memang restoran cepat saji yang terkenal. Namun, restoran tersebut bukan restoran cepat saji pertama di dunia ini. Restoran cepat saji pertama adalah White Castle, yang menyediakan hamburger dan berdiri di Kansas pada tahun 1916. Tahun 1919, Roy W. Allen dan Frank Wright mendirikan A&W yang menerapkan layanan drive true untuk pertama kalinya di Sacramento, California. Tahun 1923, mereka mulai menjual sistem franchise yang menyediakan hamburger, kentang goreng dan hotdog. Tahun 1960, A&W tersebar di 2000 tempat dan memiliki 1200 restoran hingga saat ini. Lantas, bagaimana makanan cepat saji bisa menyebar ke seluruh dunia? Tahun 1950an, industry makanan cepat saji terus mengalami perkembangan pesat. Restoran cepat saji terus melakukan kolaborasi dan penyempurnaan strategi pemasarannya. 
Restaurant chain, terjadi jjuga di dunia coffee. Lahirlah berbagai merk kopi dengan nama mendunia seperti Starbuck, Coffee bean, Mc Café, diikuti expresso coffee, maxx coffee, coffee tiam dan lain lain. Namun, di kelas bawah, penikmat kopi dapat meminumnya di warung-warung. Warung kopi muncul bak jamur di musim hujan, hampir semua rumah dipinggir jalan diubah sebagai tempat usaha. Paling banyak digunakan sebagai usaha warung kopi. Sehingga bermunculan warung kopi diseluruh pelosok kota dengan harga yang sangat terjangkau. Mereka menjual kopi secara konvensional, kemudian berkembang menjadi kopi saset. Setelah warung kopi konvensional ini semakin berkembang dan ditangkap oleh pengusaha-pengusah kreatif sebagai usaha yang berpeluang emas. Kendati demikian tetap kita jumpai warung kopi rumahan yang menyediakan kopi gula dipinggir jalan dan sudut-sudut kota  dengan menu makanan mie rebus dan mie goreng ditambah denga pisang tempe tahu goreng. Transaksi ekonomi melalui warung kopi, meski tidak melahirkan coffee chain, tapi ada nama tertentu yang popular di masyarakat. Kehadiran supermall yang menyediakan sajian jenis minuman kopi dengan tata ruang yang mewah dan disajikan oleh pramuniaga cantik-cantik tidak menyurutkan keberadaan warung kopi yang berada dipinggir. Mereka telah mempunyai pangsanya masing-masing. 

Referensi
George Ritzer, 2010, McDonaldisasi Masyarakat (terjemahan), Pustaka Pelajar
Ariska Puspita Anggraini, 2019. Begini awal mula makanan cepat saji. Publikasi https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/16/141907920/


Wansori Daya D
061901002
Pasca Sarjana Komunikasi 
Stisipol Candradimuka Palembang

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]