Post Page Advertisement [Top]

artikelyuyung

Garuda Indonesia: Di Balik Berita ada Berita

Awalnya, kemunculan berita dalam mengungkapkan penyelundup barang mewah yang diikutkan dalam pesawat baru Garuda Indonesia Tipe Airbus A330-900 seri Neo dari Perancis ke Indonesia. Karena, kebutuhan terhadap informasi begitu besar, sehingga viewer maupun produksi berita berusaha mencari cerita dibalik berita. Pembaca pun rela mencari sisi lain berita utama. Meski, akses mendapatkan informasi dari sumber berita, tetap tidak mudah. Sebab tidak semua pribadi maupun institusi mau terbuka. Menguntungkan atau tidak menguntungkan untuk disebarkan. Biasanya informasi mudah didapat saat peristiwa itu muncul dan hanya sekedar permukaan. 
Laporan detik dan tribunnews menyatakan Pihak Bea Cukai menemukan 18 box berisi Harley Davidson sekaligus onderdil, sepeda Brompton, tas mewah di pesawat baru Garuda Indonesia Tipe Airbus A330-900 seri Neo dengan nomer penerbangan GA9721 di Bandara Soekarno Hatta, saat melakukan pemeriksaaan, minggu 17 November 2019.  Penerbangan dari Perancis ke Indonesia dipimpin I Gusti Ngurah Askhara bersama 21 penumpang lainnya. Kejadian penyundupan ini, Erick Thohir Menteri BUMN meminta Direktur Umum PT Garuda Indonesia mengundurkan diri atau dipecat, 4 Desember 2019. Dalam pertemuan tertutup dengan karyawan, Ari Askhara tetap menyatakan tidak akan mundur. Tanggal 5 Desember, Erick Thohir Menteri BUMN memberhentikan Ari Askhara sebagai Dirut Garuda Indonesia. 
            Berita tentang pemberhentian Ari Askhara diikuti kemunculan berita miring lainnya. Diungkit kembali Laporan Keuangan Fiktif Juni 2019. Kerjasama dengan PT Mahata Aero Tenolgi (Mahata) sebesar US$ 239,94 juta dianggap sebagai pendapatan. Padahal tahun 2017, PT Garuda Indonesia masih rugi US$ 216,58 juta.  Tapi diakui sukses membukukan laba sebesar US$ 809,84 ribu. Ini akhirnya Garuda dituduh membuat laporan keuangan palsu ke public. Begitu juga, pelanggaran rangkap jabatan sebagai komisaris di Sriwijaya Air Juli 2019 dalam pemeriksaan KPPU dan Kementrian BUMN. 
Berita heboh justru dari laporan akun Instagram maupun Twitter  digembok_lagi. Akun justru membongkar persolaan perempuan simpanan Ari Askhara. Termasuk orang dekat dilingkaran Ari yang menjadikan pramugari sebagai suguhan direksi. Digembok_lagi jadi akun favorit pembaca. Berkali-kali akun ini ditutup admin, tapi tetap didambakan viewer yang haus informasi  diluar media arus utama. 
Akun ini berani menyebarkan skandal  diluar  berita utama. Yang pertama, jelas pemilik akun punya informasi dari dalam maskapai, walaupun bukan bukti. Kedua, mengajak khalayak secara kolektif mengingatkan dan menambah informasi baru tentang yang dibahas. Share sebagai hal penting. Namun, bila diamati sebaran di grup whatapps, tulisan panjang berasal dari akun ini yang dijadikan satu, di-copy orang dan disebarkan lewat jejarin sosial. Ketiga, mengajak pihak berwajib untuk mengungkap. Keempat, media utama tidak berani mengungkapkan karena tidak ada bukti tentang perselingkuan, menggunakan uang negara untuk kepentingan pribadi, maupun memutasi jabatan. Meskipun di kalangan maskapai, hal itu bukan rahasia umum. 
            Tidak bisa dikatakan hoak ketika sumber berita itu berasal dari orang dalam yang dirugikan. Lantas berita itu di publikasikan lewat media sosial tanpa adanya konfirmasi.  Tentu dalam etika jurnalistik tidak bisa mendapatkan informasi tanpa konfirmasi, verifikasi, check & recheck. Jelas ketika ada konfirmasi akan menolak cerita tersebut sebagai  fakta kendatipun benar.
Klaim media utama sebagai media dipercaya, legitimasi, dengan awak media tersertifikasi mengukuhkan bahwa berita media layak dipercaya dengan bothside coverage, konfirmasi maupun verifikasi, Tetapi kecenderungan sekarang media utama mengambil berita datar dan aman. Selain itu, berpihak kepada kepentingan, karena pemilik media, pemimpin media dalam lingkaran politik maupun bisnis. Sebaliknya ada juga awak media menggunakan media untuk menyerang penguasa guna mendapatkan iklan. Ini menyebabkan legitimasi  media berkurang, timbul ketidakpercayaan.
Richard Hunter menyatakan dalam new media terjadi world without secret. Meski banjir informasi, pembaca bisa memilih bahwa ada penyajian berita menarik pada media sosial. Membongkar apa yang tersembunyi. Akun Instagram maupun Twitter digembok_lagi  berani menyatakan Putri Novitasi Ramli sebagai perempuan simpanan Ari Askhara. Selain dimanjakan dengan uang perusahaan, Putri berkuasa sekali memutasi petinggi dengan lewat direktur utama. Dalam media sosial mendapatkan informasi dari sumber bisa dipercaya, orang dalam. Ini termasuk dokumen pramugari yang menuntut pihak Garuda Indonesia. Memang tidak bothside coverage. Informasi ini lansung dipublikasikan sehingga terus bergilir sebagaimana snow ball. Bergulir hingga menemukan tambahan  informasi didapat dari informan berikutnya. Di dunia media utama tidak berani membongkar, di satu sisi hanya masalah perselingkuhan. Di sisi lain masalah pelecehan seksual pramugari sebagai suguhan petinggi maskapai, juga belum  kuat buktinya. 
            Selain itu, Instagram digembok_lagi  berani menyatakan bahwa “germo jahat” atau “provider” ditujukan ke Roni Eka Mirsa.  Menghegemoni karyawan dalam ketertundukan birokrasi di maskapai, dengan ancaman dipindahtugaskan.
Bagi media online seperti Pojoksatu.id justru memilih melakukan klarifikasi kepada Roni Eka Mirsa. Sebab berita itu sangat merugikan dan bisa dianggap pembunuhan karakter.  Mana yang benar? Cara investigasi lah yang bisa membongkar masalah ini. Akses ke dalam Garuda Indonesia tidak mudah didapat dan investigasi jauh lebih sulit dan biaya mahal. Aparat penegak hukum yang seharus lebih peka untuk menindaklanjuti persoalan ini. Ini pun tergantung dari pramugari yang dilecehkan berani melaporkan kejadian ini kepada pihak penegak hukum. 
            Laporan Kumparan, sebanyak 68 pramugari menemui Erick Thohir Menteri BUMN 9 Desember 2019, untuk mengadukan mutasi tanpa prosedur jelas. Ini adalah pintu pembuka apakah pelecehan seksual oleh pemimpin maskapai itu dilakukan. Mengingat komentar Hotman  Paris Hutapea dalam Youtube Hotman Paris Show  telah terjadi pelecehan seksual terhadapkan pramugari oleh direktur maskapai penerbangan swasta, jadi memperkuat persoalan ini. 


Dr. Yuyung Abdi, SSi., M.Medkom
Kepala Program Studi Magister Komunikasi 
Stisipol Candradimuka Palembang

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]