Post Page Advertisement [Top]

andikaartikel

Efektifitas Penerimaan & Penyampaian Informasi Melalui Aplikasi “Zoom Call”Sebagai Pengganti Meeting Tatap Muka

Efektifitas Penerimaan & Penyampaian Informasi
Melalui Aplikasi “Zoom Call”Sebagai Pengganti Meeting Tatap Muka Pada
Karyawan Departement Sales & Marketing  Pt Nippon Indosari Corpindo Tbk  Region Sumatera


Salah satu hal esensial dalam dunia sales & marketing adalah efektivitas penerimaan dan penyampaian informasi dalam jaringan besar. Bisnis Fast Moving Consumer Goods (FMCG), efektifitas komunikasi dan penyampaian informasi dalam sales & marketing untuk semua stake holder,  PIC Area (Person in Charge) dapat dilakukan secara cepat dan tepat, meskipun terkendala di luas area territory. 
Misal, Pulau Sumatera terdiri dari 9 Provinsi, dibagi menjadi 4 Region Teritory terdapat 50 orang sumber daya manusia. Mulai dari Regional Business Manager, Regional Manager, Area Manager , Sales Supervisor, Field Cordinator dan Trade marketing. Tentu membutuhkan sistem komunikasi dan penyampaian pesan dalam aplikasi yang cepat, data besar dan terintegrasi dengan banyak stake holder. 
Begitu banyak aplikasi yang dapat menunjang dan mempermudah komunikasi jarak jauh, seperti Skype, Whatsapp, Line, maupun Viber untuk mengatasi permasalahan Namun,  aplikasi tersebut hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan satu orang saja, dan juga terbatas dalam menampilkan data-data.
Menjawab tantangan tersebut, kini telah hadir satu aplikasi dapat melaksanakan kegiatan meeting atau diskusi secara bersama-sama dengan banyak orang seperti bertatap muka langsung tanpa harus bertemu secara fisik. Nama aplikasi tersebut adalah Zoom Cloud Meeting. Aplikasi ini dapat menunjang kebutuhan komunikasi dimanapun dan kapanpun dengan banyak orang tanpa harus bertemu fisik secara langsung. Kelebihan aplikasi ini dapat menampilkan semua data-data yang dibutuhkan dalam format ms office, powerpoint dan sebagainya.  Kelebihan lain untuk menyampaikan  instruksi ke masing masing area dengan menggunakan videoconference. Sistem ini mudah diinstall pada perangkat, yakni PC (Personal Computer) dengan webcam, laptop dengan webcam, smartphone android. Dengan Zoom Cloud menggunakan bandwidth ringan, tidak ada iklan di aplikasi tersebut, serta tidak terlalu banyak memakan resource memory jika dijalankan. 













Andika Nugraha
Mahasiswa S2 Komunikasi
Stisipol Candradimuka Palembang

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]